Beranda » Blog » 10 Manfaat NaOH Dalam Kehidupan Sehari-Hari

10 Manfaat NaOH Dalam Kehidupan Sehari-Hari

10 Manfaat NaOH Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sekarang kita akan membahas manfaat NaOH atau Natrium Hidroksida. Pada artikel ini akan dibatasi cukup 10 manfaat saja.

Tentu Anda sering menggunakan sabun untuk mandi dan deterjen untuk mencuci baju bukan? Tahukan Anda bahwa sabun dan deterjen yang biasa kita gunakan sehari-hari itu bahan bakunya dari NaOH?

Dalam pembuatan sabun atau deterjen, NaOH akan dicampur dengan minyak atau lemak (fatty acid). Ketika keduanya dicampur maka akan terjadi saponification reaction. Hasil dari reaksi tersebut adalah sabun.

Tentu saja selain menjadi sabun, masih banyak lagi manfaat Natrium Hidroksida ini.

Sebelum lebih lanjut membahas 10 manfaat NaOH dalam kehidupan sehari-hari, ada baiknya kita membahas sifat dari NaOH dan bahayanya.

Sifat dan Bahaya NaOH

NaOH atau natrium hidroksida biasanya dipasarkan dengan nama yang lebih umum disebut caustic soda. Nah, NaOH ini termasuk dalam kelompok bahan kimia berbahaya dan beracun (B3). Jadi perlu kehati-hatian dalam penanganannya.

Salah satu sifat dari NaOH adalah bersifat korosif. Sifat korosif pada NaOH sangat kuat, untuk itu Anda perlu ekstra hati-hati.

Jika terkena kulit maka akan terjadi iritasi pada kulit. Apabila terkena mata bisa menyebabkan kebutaan. So, hati-hati yah.

Di pasaran, NaOH dipasarkan dalam bentuk cair/larutan dan padat. Dalam bentuk larutan biasanya memiliki konsentrasi 48%.

Sementara itu, yang dalam bentuk padat akan berupa butiran putih kecil dan biasanya disebut flake.

Nah, baik larutan maupun flake, NaOH tetap memiliki bahaya yang sama. Jadi tetap perlu hati-hati.

10 Manfaat NaOH

Seperti sudah disebutkan diatas jika NaOH adalah bahan baku dalam pembuatan sabun dan deterjen. NaOH juga banyak digunakan dalam proses pembuatan produk dalam dunia industri.

NaOH bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku, bisa juga digunakan secara langsung.

Berikut ini 10 manfaat Natrium Hidroksida dalam kehidupan sehari-hari dan industri:

  1. NaOH digunakan sebagai pengendali dalam mengontrol tingkat keasaman atau pH dalam industri pengolahan air atau water treatment. PDAM adalah salah satu industri yang sangat membutuhkan NaOH sebagai bahan baku.
  2. NaOH adalah salah satu bahan baku pembuatan NaOCl. NaOCl atau Natrium Hipoklorit adalah salah satu bahan untuk disinfektan dalam industri pengolahan air atau water treatment.
  3. Purified water atau pembuat air bebas mineral, NaOH digunakan sebagai regenerasi anion resin yang terdapat pada unit anion exchanger.
  4. NaOH dicampur dengan Natrium Sulfida dapat digunakan sebagai larutan pembersih selulosa kayu dari material yang tidak diinginkan.
  5. NaOH juga bisa digunakan sebagai pemisah/pengurai tinta dari serat kertas. Ini biasanya dimanfaatkan dalam industri daur ulang kertas.
  6. NaOH juga bisa dimanfaatkan sebagai pelancar saluran pembuangan pada dapur. NaOH yang dimasukkan dalam saluran pembuangan yang mampet akan bereaksi dengan minyak dan lemak dan akan terjadi reaksi panas dan terbentuk cairan sabun.
  7. Dalam industri, NaOH digunakan sebagai pengendali alkalinitas dan pengurai material organik.
  8. NaOH digunakan sebagai bahan baku epoxy resin.
  9. NaOH digunakan sebagai bahan baku pembuatan fuel cell.
  10. NaOH dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan berbagai macam obat, seperti: anticoagulant, obat pengurai kolesterol dalam darah, dan obat penghilang rasa sakit.

Itulah 10 manfaat NaOH dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda membutuhkan NaOH atau Natrium Hidroksida baik dalam jumlah sedikit atau partai besar bisa membelinya di PT. Pash Mitra Mandiri.

PT. Pash Mitra Mandiri sebagai distributor bahan kimia di Jabodetabek selalui sedia bahan kimia dengan harga murah.

Tinggalkan Balasan