Beranda » Blog » Aquades / Demineralized Water

Aquades / Demineralized Water

aquades

Demineralied water atau nama lainnya air demin, ada juga yang menyebut air deionisasi (deionized water) merupakan produk dari proses pemurnian air dengan beberapa tahap pemurnian air. Produk yang dihasilkan memiliki kemurnian > 99,9% dengan total kandungan ion di bawah 1%.

Kemasan yang tersedia adalah 20 kg/pail, dan 250 kg/drum.

Mari saya mulai dengan menjelaskan apa itu air demineralisasi. Air demineralisasi, juga dikenal sebagai air demi air, adalah air murni dan sering digunakan dalam aplikasi laboratorium untuk keperluan industri dan ilmiah. Namun, juga dalam kehidupan sehari-hari Anda akan menemukan aplikasi dengan demi air.

Misalnya untuk menyetrika pakaian dengan setrika uap, air demi water bisa digunakan untuk menghindari kerak kapur pada setrika Anda. Tetapi juga digunakan dalam instalasi cuci mobil. Lapisan tipis demi air disemprotkan ke mobil di akhir program cuci mobil untuk menghindari tetesan kering di mobil Anda. Di akhir dokumen ini diberikan beberapa contoh penggunaan instrumen Bronkhorst yang sesuai.

Air demineralisasi versus air suling

Air demineralisasi adalah air yang telah dimurnikan sedemikian rupa sehingga (sebagian besar) ion mineral dan garamnya dihilangkan. Anda bisa memikirkan misalnya Kalsium, Klorida, Sulfat, Magnesium dan Natrium. Air demineralisasi juga dikenal sebagai air demi air atau air deionisasi. Air demineralisasi umumnya dianggap berbeda dari air suling. Air suling dimurnikan dengan merebus dan mengembun kembali. Dengan cara ini ion garam dihilangkan.

Perbedaan utama antara air demineralisasi dan air suling adalah bahwa air suling biasanya memiliki lebih sedikit kontaminan organik; deionisasi tidak menghilangkan molekul tak bermuatan seperti virus atau bakteri. Air demineralisasi seringkali memiliki lebih sedikit ion mineral; ini tergantung pada cara produksinya. Deionisasi memiliki produksi yang lebih bersih dan meninggalkan kerak yang lebih sedikit dalam instalasi yang digunakannya.

Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan air demineralisasi ini adalah bahan instrumen Anda. Tidak semua material cocok untuk digunakan sebagai material perpipaan untuk demi-water; ini juga tergantung pada suhu yang digunakan.

Bagaimana itu dibuat?

Air demineralisasi diproduksi melalui tiga rute utama:

  1. Melalui proses pertukaran ion menggunakan resin penukar ion: Ion positif digantikan oleh ion hidrogen dan ion negatif digantikan oleh ion hidroksida.
  2. Melalui Elektro-Deionisasi juga terjadi proses pertukaran Ion: Arus listrik dikirim melalui resin agar resin tetap diregenerasi. Ion yang tidak diinginkan bergerak menjauh dari permukaan reaksi ke elektroda.
  3. Melalui Filtrasi membran : sering kali dalam beberapa langkah

Untuk mendapatkan kualitas demi-water yang tepat diperlukan beberapa tahap demineralisasi. Penggunaan filtrasi membran dalam hal ini memiliki keuntungan bahwa pada umumnya tidak diperlukan bahan kimia untuk menghasilkan demi-air (kecuali mungkin untuk pembersihan); kerugiannya adalah jumlah energi (listrik) yang dikonsumsi oleh proses.

Air demineralisasi – kegunaan umum

Air demineralisasi digunakan untuk keperluan industri dan ilmiah. Anda dapat memikirkan aplikasi berikut:

  • Aplikasi dan pengujian laboratorium
  • Mencuci mobil
  • Air cucian untuk pembuatan chip komputer
  • Penggunaan otomotif mis. baterai timbal-asam dan sistem pendingin
  • Pakan boiler
  • Pemotongan laser
  • Optimalisasi sel bahan bakar
  • Setrika uap dan aplikasi pengangkat uap
  • Manufaktur farmasi
  • Kosmetik
  • Akuarium
  • Pemadam api

Tinggalkan Balasan